Home / Kesehatan / Penyebab Batu Amandel Tumbuh

Penyebab Batu Amandel Tumbuh

Penyebab Batu Amandel Tumbuh – Sempatkah Anda terasa ada butiran putih kecil berbau yang terkadang tidak berniat keluar dari dalam mulut? Apabila iya, besar kemungkinan itu yaitu batu amandel. Batu ini sebenarnya tak beresiko.

Pembawa acara SciSchow, Michael Aranda, menerangkan kalau batu amandel datang dari partikel-partikel kotoran yang terjebak dibagian belakang mulut. Amandel didalam mulut mempunyai peran untuk melawan infeksi serta saat banyak partikel kotoran terkumpul dengan cara automatis sel darah putih dibuat untuk menyerang lantaran dikira meneror.

” Amandel ini penuh dengan lubang lekukan yang maksudnya adalah untuk mengundang bakteri masuk. Dengan hal tersebut banyak sel imun yang bisa terkena pada patogen-patogen mungkin, mulai bangun tanggapan imun untuk melawannya, ” kata Michael seperti diambil dari kanal resmi SciShow di YouTube, Selasa (7/2/2017) .

” Sayangnya saat Anda mempunyai lekukan-lekukan ‘nyaman’ ini untuk bakteri, beberapa hal dari mulai sel mati, lendir, sisa makanan, serta partikel lain turut terkumpul, ” lanjut Michael.

Kotoran yang terkumpul lalu turut terserang oleh sel darah putih. Selanjutnya makin lama berlangsung pengerasan sampai terbentuk lah batu amandel.

Menurut dr Alan Greene dari California orang yang kerap mempunyai batu amandel umumnya remaja atau mereka dengan amandel besar. Diluar itu batu amandel dapat juga nampak pada orang yang tidak sering memperhatikan kesehatan mulut.

Pada sebagian masalah batu amandel bisa minimbulkan permasalahan iritasi dan bau mulut. Untuk menghilangkannya dapat dengan disapu menggunakan sikat gigi, berkumur-kumur gunakan air garam, atau mungkin dengan cotton bud.

Apabila batu amandel masihlah susah juga di hilangkan jadi dianjurkan supaya seorang menjumpai dokter spesialis telinga, hidung, serta tenggorokan (THT) .

About admin