Home / Nasional / Ketua Umum HKTI Kenalkan Bibit Padi Terbaru

Ketua Umum HKTI Kenalkan Bibit Padi Terbaru

Ketua Umum HKTI Kenalkan Bibit Padi Terbaru – Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko menyampaikan, pihaknya tengah meningkatkan benih padi varietas paling baru yaitu M70D.

Menurut Moeldoko, nama M70D diberikan lantaran benih itu bisa ditanam serta bisa panen cuma dalam 70 hari saat tanam, serta dapat empat kali panen dalam setahun. Ini tidak sama dengan benih reguler, yang baru bisa dipanen sesudah 150 hari saat tanam.

” Bila ini (M70D) dapat ditanam cuma dalam 70 hari, serta dalam setahun dapat tanam serta panen empat kali, ” katanya di Balai Kartini, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Moeldoko menyampaikan, satu diantara daerah yang sudah diuji cobalah yaitu Jember, Jawa Timur, serta membuahkan produksi padi rata-rata sebesar 9, 6 ton per hektar.

” Di Jember 9, 6 ton per hektar. Bila ditanam empat kali dapat 28 ton akhirnya per hektar. Tempat padi di Indonesia ada 8, 1 juta hektar, bila kita tanam tanam 2 juta hektar saja, jadi akhirnya 56 juta ton (gabah), jadi 28 juta ton beras, ” katanya.

Dia menerangkan, dengan hitung-hitungan itu, pemakaiaan varietas padi M70D bisa penuhi keperluan beras nasional sampai 60 %, lantaran sekarang ini mengkonsumsi beras di Indonesia sebesar 36 juta ton per th..

” Keperluan 36 juta ton, dengan 2 juta hektar dapat penuhi 60 % keperluan, ” tuturnya. Diluar itu, Moeldoko inginkan HKTI dapat jadi partner strategis pemerintah dalam wujudkan ketahanan pangan di Indonesia serta jadi jawaban pada permasalahan serta tantangan yang dihadapi oleh petani di Indonesia.

” Masalah pemberdayaan (petani) masihlah jadi masalah, akses permodalan dan sebagainya. HKTI bakal jadi jembatan emas untuk petani, saya optimis hadirnya HKTI mesti memberi harapan baru pada rakyat serta pemerintah Indonesia, ” ujarnya.

About admin